ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN VARIABEL
FASILITAS, HARGA, DAN CITRA PERUSAHAAN (STUDI KASUS TMBOOKSTORE DEPOK)
PENDAHULUAN
Makin luas, kompleks
dan pesatnya persaingan yang dihadapi, menyebabkan banyak perusahaan mencari
cara yang menguntungkan guna membedakan diri dengan yang lain. Perusahaan
dituntut untuk dapat melihat berbagai kesempatan yang ada dan mencari strategi
atau cara-cara untuk memberikan rasa puas konsumen atau pelanggan dan mempertahankannya,
sebagai contoh perusahaan harus mampu memberikan produk dengan mutu baik, harga
terjangkau, fasilitas lengkap, serta mampu menciptakan citra positif perusahaan
di mata konsumen. Apabila seorangan konsumen telah berubah menjadi konsumen
yang loyal karena kepuasannya terpenuhi maka konsumen tersebut tidak akan
beralih ke produk/jasa perusahaan lain yang sejenis. Tmbookstore merupakan
perusahaan yang bergerak di bidang penjualan buku dan alat tulis kantor juga
berusaha menyediakan produk dan jasa yang terbaik untuk diberikan kepada para
konsumennya. Sebagai contoh dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumennya,
maka Tmbookstore selalu berusaha menghadirkan suasana yang tenang dan nyaman.
Selain itu kelengkapan fasilitas pun senantiasa ditingkatkan agar konsumen semakin
merasa puas dan tertarik untuk datang lagi serta melakukan pembelian
berulangulang karena adanya hadiah langsung maupun diskon harga setiap harinya.Tujuan
penelitian ini untuk menganalisis pengaruh positif fasilitas, harga dan citra perusahaan
secara serempak dan parsial terhadap kepuasan konsumen, serta menganalisis variabel
yang palindominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen.
METODE
PENELITIAN
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer berupa hasil kuesioner yang disebarkan kepada para pengunjung
Tmbookstore. Penyebaran kuesioner dilakukan pada hari Sabtu tanggal 11 Juli
2009 dan berakhir pada hari Minggu tanggal 19 Juli 2009. Variabel yang diteliti
oleh penulis dibedakan menjadi dua. Variabel pertama disebut variabel bebas
yang terdiri atas variabel fasilitas, harga serta citra perusahaan. Sedangkan
variabel yang kedua disebut variabel terikat yaitu tingkat kepuasan konsumen Tmbookstore.
Populasi dan sampel penelitian ini
adalah seluruh pengunjung Tmbookstore. Jumlah responden yang ditentukan sebanyak
100 responden. Penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling, yaitu
dengan cara aksidental sampling, artinya penentuan sampel berdasarkan
kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dan terpilih akan
dijadikan responden.
Teknik Analisis Data
1. Skala
Likert
2. Analisis
Validitas
3. Analisis
Reliabilitas
4. Analisis
Korelasi
5. Analisis
Regresi
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil proses penelitian yang telah
dibahas pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Variabel
fasilitas, harga, dan citra perusahaan berpengaruh secara serempak atau
bersamasama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Tmbookstore. Variabel
fasilitas diwakili oleh faktor layout penyedia jasa selalu memberikan kesan
baik bagi konsumen, variabel harga diwakili oleh faktor harga yang diberikan
sesuai dengan mutu produk yang ditawarkan dan variabel citra perusahaan
diwakili oleh faktor karyawan cepat tanggap, ramah dan sopan. Ketiga variabel
tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
2. Secara
parsial variabel harga dan citra perusahaan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Sebaliknya, variabel fasilitas dalam model ini tidak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan konsumen.
3. Citra
perusahaan yang diwakili oleh faktor karyawan cepat tanggap, ramah dan sopan merupakan
variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam kepuasan konsumen Tmbookstore.
SUMBER
PENGARUH HARGA, PRODUK, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNA LAPTOP MERK HP DI KOTA SEMARANG
PENDAHULUAN
Dewasa ini dalam kehidupan yang semakin komplek
serta dengan adanyakebutuhan yang semakin beraneka ragam, perusahaan dituntut untuk
dapatmemahami kebutuhan dan keinginan para konsumennya. Dalam memenuhi kebutuhannya
konsumen akan selalu berusaha dengan berbagai cara agar kebutuhannya dapat
terpenuhi sehingga dapat memberikan kepuasan bagi dirinya sendiri (Tjiptono,
2004).
Dalam menumbuhkan minat beli dan akhirnya melakukan
keputusan membeli tidaklah mudah. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal
itu. Baik dari faktor internal/dari dalam diri konsumen ataupun pengaruh
eksternal yaitu rangsangan yang dilakukan oleh perusahaan. Dan perusahaan harus
mampu mengidentifikasi perilaku konsumen, agar dapat memenangkan persaingan. Swastha
(2003:9) mengungkapkan bahwa perilaku konsumen adalah tindakantindakan
individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan
keputusan dalam mendapatkan barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat
dipengaruhi oleh lingkungan. Karena keputusan membeli dapat dipengaruhi oleh lingkungan, maka
perushaan haruslah mampu memanfaatkan hal tersebut.
Berdasarkan fenomena diatas maka peneliti tertarik
untuk meneliti mengenai“ PENGARUH HARGA,
PRODUK, PROMOSI DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PENGGUNA
LAPTOP MERK HP DI KOTA SEMARANG ”.
Hipotesis
1. Ha1
: Ada pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian Pengguna Laptop Merk
Hp di Kota Semarang
2. Ha2
: Ada pengaruh antara produk terhadap keputusan pembelian Pengguna Laptop Merk
Hp di Kota Semarang
3. Ha4
: Ada pengaruh antara promosi terhadap keputusan pembelian Pengguna Laptop Merk
Hp di Kota Semarang
4. Ha4
: Ada pengaruh antara saluran distribusi terhadap keputusan pembelian Pengguna
Laptop Merk Hp di Kota Semarang
5. Ha5
: Ada pengaruh antara produk, harga, promosi dan saluran distribusi secara
simultan terhadap keputusan pembelian Pengguna Laptop Merk Hp di Kota Semarang.
METODE
PENELITIAN
·
Uji Hipotesis Secara Parsial (Uji T)
·
Uji Hipotesis Secara Serentak (Uji F)
·
Analisa Regresi Linier Berganda
·
Koefisien Determinasi (R 2)
Simpulan
Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah
diuraikan dapat
disimpulkan sebagai berikut :
a) Terdapat pengaruh antara harga terhadap keputusan
pembelian. Berdasarkan t-hitung variabel harga adalah sebesar 7,343 > t
tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari batas
signifikansi 0,05. Dengan demikian keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan
Ha diterima. Sehingga secara individual variabel harga berpengaruh terhadap keputusan
pembelian. Semakin menariknya harga produk serta didukung dengan kualitas
produk yang ada maka akan dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen
terhadap pemakaian produk. Dengan ini berarti bahwa harga mampu mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen.
b) Terdapat pengaruh antara produk terhadap
keputusan pembelian. Berdasarkan t-hitung variabel harga adalah sebesar 3,104
> t tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,003 yang lebih kecil dari
batas signifikansi 0,05. Dengan demikian keputusan yang diambil adalah Ho
ditolak dan Ha diterima. Sehingga secara individual variabel produk berpengaruh
terhadap keputusan pembelian . Semakin tinggi nilai produk dimata konsumen maka
semakin besar minat konsumen dalam keputusan pembelian terhadap pemakaian
produk . Dengan ini berarti bahwa produk mampu mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen dalam pembelian produk .
c) Terdapat pengaruh antara promosi terhadap
keputusan pembelian. Berdasarkan t-hitung variabel nilai produk adalah sebesar
3,638 > t tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil
dari batas signifikansi 0,05. Dengan demikian keputusan yang diambil adalah Ho ditolak
dan Ha diterima. Sehingga secara individual variabel promosi berpengaruh
terhadap keputusan pembelian . Semakin tinggi promosi maka semakin besar
konsumen dalam keputusan pembelian . Dengan ini berarti bahwa promosi mampu mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen dalam pembelian produk .
d) Terdapat pengaruh antara saluran distribusi
terhadap keputusan pembelian Berdasarkan t-hitung variabel nilai produk adalah
sebesar 2,269 > t tabel 1,985 dengan tingkat signifikansi 0,026 yang lebih
kecil dari batas signifikansi 0,05.
Dengan demikian keputusan yang diambil adalah Ho ditolak dan Ha diterima.
Sehingga secara individual variabel saluran distribusi berpengaruh terhadap
keputusan pembelian . Semakin tinggi saluran distribusi maka semakin besar
konsumen dalam keputusan pembelian. Dengan ini berarti bahwa saluran distrubusi
mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam pembelian produk .
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar